cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil" : 9 Documents clear
ANALISA NILAI SISA KAPASITAS BANGUNAN ATAS JEMBATAN BAHANAPU DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATING FACTOR Shintike, Yosephine L.; Pah, Jusuf J.S.; Bunganaen, Wilhelmus
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.854 KB)

Abstract

Jembatan dapat mengalami kegagalan secara tiba-tiba karena akibat pengaruh dari keadaan eksternal jembatan, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sisa kapasitas bangunan atas jembatan dengan menggunakan metode rating factor. Perhitungan analisis rating factor berpedoman pada draf Pedoman Penentuan Nilai Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga dengan melakukan analisis terhadap kondisi harian (inventory) dan kondisi khusus (operating). Dari hasil analisis diperoleh nilai rating factor terhadap komponen-komponen jembatan. Untuk komponen pelat lantai kendaraan posisi Dial Gauge 2, nilai rating factor terbesar dan terkecil adalah 4.53 dan 0.75, sedangkan pada komponen pelat lantai kendaraan posisi Dial Gauge 3 memiliki nilai rating factor terbesar dan terkecil sebesar 4.35 dan 0.58. Pada komponen gelagar utama jembatan posisi Dial Gauge 1 menurut tinjauan operating rating factor memiliki nilai terbesar dan terkecil sebesar 1.01 dan 0.51, sedangkan menurut tinajuan inventory rating factor adalah sebesar 0.60 dan 0.31. Pada komponen gelagar utama jembatan posisi Dial Gauge 4 menurut tinjauan operating rating factor memiliki nilai terbesar dan terkecil sebesar 1.83 dan 0.71, sedangkan menurut tinjauan inventory rating factor adalah sebesar 1.09 dan 0.42. Dari nilai rating factor ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan jembatan memiliki nilai rating factor < 1, sehingga diperoleh hasil evaluasi bangunan atas Jembatan Bahanapu harus diberlakukan pembatasan beban lalu lintas dan juga perbaikan jembatan secara keseluruhan. The bridge can fail suddenly because due to the influence of external circumstances bridge, therefore this study aims to determine the residual value of the building capacity on the bridge by using the method of rating factor. The rating factor analysis calculation based on the draft Guidelines for Determination of Capacity Value Bridges of DGH by analyzing the daily conditions (inventory) and special conditions (operating). From the results obtained by analysis of rating factor value of the components of a bridge. To position the vehicle floor plate component Dial Gauge 2, the value of the largest and smallest factor rating is 4:53 and 0.75, whereas the components of the vehicle floor plate Dial Gauge position 3 has a value rating of the largest and smallest factor of 4:35 and 0:58. In the main girder bridge component position Dial Gauge 1 rating factor according to a review of operating the largest and smallest values of 1:01 and 0:51, while according to rating factor tinajuan inventory amounted to 0.60 and 0:31. In the main girder bridge component Dial Gauge position 4 according to a review of operating rating factor has the largest and smallest values of 1.83 and 0.71, while according to inventory review rating factor is equal to 1:09 and 0:42. The rating factor of the value of this can be concluded that the overall bridge rating factor has a value of
EVALUASI KENERJA JARINGAN IRIGASI BENDUNGAN TILONG KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG Ludiana, _; Bunganaen, Wilhelmus; Sir, Tri M. W.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.115 KB)

Abstract

Pembangunan Bendungan Tilong untuk memenuhi air baku dan air irigasi. Daerah Irigasi Tilong memiliki luas wilayah layanan irigasi sebesar 1.484 Ha diantaranya luas layanan 233 Ha untuk mengaliri daerah Fatukanutu. Dalam pengoperasiannya, jaringan irigasi mengalami beberapa kerusakan seperti rusaknya tubuh saluran akibat erosi tebing, tanaman liar dan sebagainya, sehingga peneliti ingin mengevaluasi kinerja jaringan irigasi Fatukanutu ditinjau dari aspek fisik, aspek pemanfaatan dan aspek operasional dan pemeliharaan (O & P). Metode yang dilakukan yaitu pengukuran debit inflow-outflow, dan analisis deskriptif jawaban kuesioner yang diuraikan dengan memberi nilai tertentu (skala likert) terhadap setiap variable aspek yang ditinjau. Jaringan Irigasi Fatukanutu di lihat dari aspek fisik memperoleh nilai rata-rata sebesar 2.93, Cukup Baik. Jaringan Irigasi Fatukanutu di lihat dari aspek pemanfaatan memproleh nilai rata-rata sebesar 1.98, Kurang Baik dan efektifitas pengelolaan lahan 45.55 Ha dari luas lahan rencana 233 Ha sebesar 19.55 % yaitu terdapat tiga sub ruas bagian yang difungsikan dan dimanfaatkan dalam pengelolahan lahan yaitu BT1, BFK3 dan BFK4, sedangkan 5 sub bagian lainnya tidak dimanfaatkan untuk pengelolaan lahan yaitu Sub Bagian BFK1, BFK2, BFK 5, BFK6, BFK7. Jaringan Irigasi Fatukanutu di lihat dari aspek O & P memproleh nilai rata-rata sebesar 1.65, Kurang Baik. Kinerja Jaringan Irigasi Fatukanutu secara keseluruhan berdasarkan ketiga aspek tersebut memperoleh nilai sebesar 2.19 Kurang Baik. Tilong dam of development is to fillup main water and irrigation water. Tilong Irrigation has an area of 1,484 ha irrigation services including extensive service area of 233 hectares to flow through Fatukanutu. thelrrigation Network in Fatukanutu has been operated since 2003 to drain the land in Hamlet Fatukanutu. In operation, the irrigation network suffered some damage as a result of damage to the channel bank erosion, weeds and etc, therefore the researchers wanted to evaluate the performance of irrigation networks in Fatukanutu. The performance evaluation is reviewed based on physical aspects, aspects of utilization and operational aspects and maintenance (O & M). The method performed is conducted by inflow-outflow discharge measurements, and descriptive analysis questionnaire described by giving a specific value (scale likert) for each variable aspect reviewed. Fatukanutu irrigation network in full view from the physical aspect has get an average value of 2.93, it was Very Good. Fatukanutu irrigation network in view of the aspects of utilization obtainan average value of 1.98, Less Good and effectiveness of land managemen thas a percentage of 19.55 % or 45.55 hectares of land area of 233 hectares plan where there are three sub-sections and sections that function is used in land management BT1, BFK3 and BFK4, while the other 5 sub-section is not used for land management namely sub-section BFK1, BFK2, BFK5, BFK6, BFK7. Fatukanutu Irrigation network from the aspects of O & M to obtainan average value of 1.65, Less Good. Irrigation Network Performance Fatukanutu overall based on three aspects to obtained a value of 2.19 Less Good.
PENGARUH PENAMBAHAN SERAT DAUN GEWANG (CORYPHA UTAN LAM) TERHADAP KUAT LENTUR DAN KUAT TARIK BELAH BETON Ndoen, Vista G.; Sina, Dantje A. T.; Bunganaen, Wilhelmus
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.255 KB)

Abstract

Pemanfaatan daun gewang dipilih karena daun gewang dinilai cukup kuat untuk menahan tarik. Berdasarkan hal ini maka daun gewang diproses menjadi serat dan digunakan sebagai bahan tambahan pada beton untuk menambah kekuatan beton.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serat daun gewang (corypha utan lam) terhadap kuat lentur dan kuat tarik belah beton serta untuk mengetahui persentase penambahan serat daun gewang (corypha utan lam) yang tepat untuk mencapai kuat lentur dan kuat tarik belah maksimum.Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah balok beton dengan ukuran 15 x 15 x 60 cm3 dan silinder beton dengan ukuran tinggi 30 cm dan diameter 15 cm. Mutu beton f’c = 25 MPa.Jumlah benda uji 72 buah dengan 3 sampel pada masing – masing waktu dan perlakuan.Sampel – sampel tersebut diberi penambahan konsentrasi serat 0,25%, 0,50% dan 0,75% terhadap berat semen dimana serat – serat tersebut telah direndam dalam alkali NaOH 5% selama 2 jam dengan panjang serat 3 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan serat daun gewang pada campuran beton dapat meningkatkan kekuatan beton dan juga dapat menahan patahan beton.Persentase penambahan serat daun gewang sebesar 0,75% mempunyai nilai kuat lentur 5,96 MPa dan nilai kuat tarik belah sebesar 3,94 MPa. Dengan demikian hasil penelitian penambahan serat daun gewang pada campuran beton menunjukkan nilai maksimum kuat lentur dan tarik belah beton terdapat pada penambahan serat gewang dengan persentase sebesar 0,75% pada umur 28 hari. Utilization of gewang leaf been selected because leaf of gewang assessed strong enough to hold then tensile. Based on this, leaf of gewang processed become fiber and used as an additive concrete to increase concrete strong. Purpose of this research are to know about the effect of the addition of leaf fibers gewang (Corypah Utan Lam) to the bending strength and concrete crack tensile strength and also to know an exact presentation of addition of leaf gewang fiber (Corypah Utan Lam) to get the bending strength optimum and crack tensile strength optimum. The test specimen used in this research are beam concrete with size 15x15x60 cm3+ and the heightof cylinder concrete is 30 cm with diameter 15 cm. Concrete quality f’c = 25 Mpa.The number of test specimen with 72 pieces with 3 specimen on each time and treatment. Specimen are given the addition of fiber concentration of 0.25%, 0.50%, and 0.75% by weight of cement where fibers that has been soaked Alkaline NaOH 5% for 2 hours with a fiber length of 3 cm. The result showed that the addition of gewang fiber that used in the concrete mix can increase the strength of concrete and also holding the crack of concrete.Percentage of 0.75% gewangleaf fiber has a bending strength value of 5.96 Mpa and crack tensile strength value divided by 3.94 Mpa. Thus, the result of additional gewang fiber research of the concrete mixture showed the optimum value bending strength and crack tensile concrete are in addition to the percentage of gewang fiber of 0.75% at 28 days.
STUDI KELAYAKAN PENGGUNAAN TANAH PUTIH SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT HALUS (PASIR) TERHADAP KUALITAS BETON Hunggurami, Elia; Simatupang, Partogi H.; Lori, Alfred L.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.006 KB)

Abstract

Keterbatasan material beton dalam hal ini agregat halus (pasir) di berbagai daerah masih menjadi kendala utama, sehingga menyebabkan masyarakat menggunakan hasil alam lainnya sebagai pengganti pasir. Salah satunya di desa Buraen Kabupaten Kupang yang dimana masyarakat desa Buraen Kabupaten Kupang sering menggunakan tanah putih sebagai bahan pengganti pasir dalam campuran beton.Penggunaan tanah putih ini tentunya akan berpengaruh pada campuran beton dan kualitas dari beton yang di hasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan pengaruh tanah putih terhadap kualitas beton.Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah silinder beton dengan ukuran diameter 15 cm, tinggi 30 cm untuk uji kuat tekan dan uji keausan beton sebanyak 45 sampel. Di mana sampel tersebut akan diuji dalam 3 waktu, yaitu 7 hari, 14 hari, dan 28 hari. Sampel – sampel tersebut akan diberi 5 perlakuan persentase pergantian tanah putih terhadap pasir yakni 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Kuat tekan rencana yang ditetapkan adalah sebesar 20 MPa. Kuat tekan beton yang dihasilkan pada umur 28 hari dengan menggunakan tanah putih sebagai pengganti agregat halus beton pada persentase 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% tanah putih berturut-turut sebesar 20.10 MPa, 21.04 MPa, 22.65 MPa, 16.51 MPa, 4.44 MPa dimana persentase optimumnya pada persentase 50%. Sedangkan pada pengujian keausan beton pada persentase pergantian 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% tanah putih berturut-turut nilai keausannya sebesar 37.98%, 42.85%, 40.90%, 45.95%, dan 52.08%. Limitations of concrete materials in this fine aggregate (sand) in various regions is still a major obstacle, causing the public to use other natural products as a substitute of sand. One of them inBuraen Villageof Kupang Regency where villagers often use lime stone as a sand substitute in concrete mixtures. Use of this lime stone will certainly affect the concrete mix and the quality of concrete produced. This study aims to determine the feasibility and effect of the use of lime stone on the quality of concrete.Test specimens used in this study was a concrete cylinder with a diameter of 15 cm, height 30 cm for compressive strength test and wear test as many as 45 samples of concrete. In which samples are to be tested in 3 times, which is 7 days, 14 days, and 28 days. The sample will be given in 5 treatments the percentage change lime stone against the sandthat is 0%, 25%, 50%, 75%, and 100%. Compressive strength of the plan is 20MPa.The resulting concrete compressive strength at 28 days by using a lime stone as a substitute for concrete fine aggregate on the percentage of 0%, 25%, 50%, 75%, and 100% lime stone row at 20.10MPa, 21.04 MPa, 22.65 MPa, 16.51 MPa, 4.44 MPa where the optimum percentage to the percentage of 50%. While the wear testing of concrete on the percentage change of 0%, 25%, 50%, 75%, and 100% lime stone consecutive wear value of 37.98%, 42.85%, 40.90%, 45.95%, and 52.08%.
EVALUASI KINERJA EMBUNG OELTUA Dethan, Yulianthi; Bunganaen, Wilhelmus; Messah, Yunita A.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.161 KB)

Abstract

Di Desa Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang telah dibangun sebuah embung sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat. Embung ini dibangun pada Maret 1997. Berdasarkan hasil pengamatan, saat ini Embung Oeltua mengalami penurunan fungsi sehingga penulis memilih embung Oeltua sebagai subyek penelitian untuk mengetahui sejauh mana kinerja Embung Oeltua. Kinerja embung ditinjau dengan menggunakan sistem pendekatan pada aspek-aspek sebagai berikut: aspek ketersediaan air, aspek fisik, aspek pemanfaatan, aspek operasional dan pemeliharaan (O&P), dan aspek manajemen organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dan analisis deskriptif, yaitu menguraikan hasil penelitian dengan memberikan nilai tertentu terhadap setiap variabel aspek yang ditinjau. Penilaian yang diberikan dengan menggunakan metode skala likert yakni pengukuran terhadap sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok tentang kejadian atau gejala sosial. Kejadian atau gejala sosial ditetapkan secara spesifik sebagai variabel penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai aspek ketersediaan air pada Embung Oeltua sebesar 5,00 dengan kondisi sangat baik, nilai aspek fisik sebesar 4,15 dengan kondisi baik, nilai aspek pemanfaatan sebesar 3,58 dengan kondisi baik, nilai aspek operasional sebesar 1,88 dengan kondisi tidak baik, nilai aspek manajemen organisasi sebesar 1,00 dengan kondisi sanga tidak baik. Hasil analisis untuk kinerja Embung Oeltua dengan nilai 3,12, berada pada kondisi cukup baik. In the Village Oeltua, Sub-district Taebenu, District Kupang has built a dam to meet water needs for the community. This Dam was built in March 1997. Based on observations, Oeltua Dam has experienced a decline in function so that the authors chose Oeltua Dam as research subjects to determine the extent to which performance of Oeltua Dam. The performance of Dam is reviewed using a system approach on the following aspects: the availability of water aspect, the physical aspect, the aspect of utilization, operational and maintenance aspect (O & M), and management aspects of the organization. The method used in this study is a survey method and descriptive analysis, which describes the results of research by providing specific values for each variable aspect reviewed. Assessment is given by using the Likert scale method, that is by measuring the attitudes, opinions and perceptions of a person or group of events or social phenomena. Events or social phenomena defined specifically as research variables.Based on the analysis, obtained value of the availability of water in Oeltua Dam is 5.00 with a very good condition, the value of the physical aspects is 4,15 with a good condition, the value of the aspects of utilization is 3,58 with a good condition, the value of the operational and maintenance aspects is 1,88 with a not good condition, the value of management aspects of organization is 1,00 with a not very good condition. The results of the analysis for the performance of Oeltua Dam with values 3.12, to be a fairly good condition.
PENGGUNAAN BLOK PERSEGI TERMODIFIKASI DAN TRAPESIUM DALAM PERENCANAAN BETON MUTU TINGGI DAN SANGAT TINGGI Pah, Jusuf J.S.; Ratu Edo, Carysa R.; Sir, Tri M. W.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.996 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan tatacara perencanaan beton mutu tinggi dan sangat tinggi dengan menggunakan blok pendekatan persegi yang termodifikasi dan blok trapesium. Penelitian dimulai dengan studi literatur dan perhitungan luasan diagram interaksi tegangan regangan beton. Setelah itu dilakukan ekuivalensi antara luasan diagram interaksi tegangan regangan dan luasan blok pendekatan, kemudian diperoleh koefisien-koefisien penyesuaian. Langkah selanjutnya adalah menurunkan rumus yang mengandung koefisien penyesuaian untuk mendapatkan rasio tulangan perlu dan langkah yang terakhir adalah menyusun tata cara perencanaan beton bertulang mutu tinggi dan sangat tinggi. Mutu beton yang ditinjau dalam penelitian ini adalah beton dengan mutu 15 – 120 MPa. Untuk pendekatan persegi termodifikasi diperoleh koefisien penyesuaian β1 berkisar antara 0.68 sampai 0.98, dengan 0.68 merupakan nilai β1 untuk beton 120 MPa sedangkan 0.98 untuk beton 15 MPa. Nilai β1 tersebut adalah nilai yang aman karena telah sesuai dengan syarat nilai β1 menurut SNI 03-2847-2002 yaitu β1 ≥ 0.65.Untuk pendekatan trapesium diperoleh nilai koefisien α untuk penyesuaian luasan berkisar antara 0.16 sampai 0.63, sedangkan untuk koefisien penyesuaian titik berat (γ) berkisar antara 0.0061 sampai 0.0222. The purpose of the research is to obtained a design procedure for flexure design of high strength and ultra high strength concrete; using modified rectangular block and trapezoidal block approaches. Analytical and design equations were formulated for each of the approaches, then by equating area of the block with that of actual stress-strain diagram, and internal moment of the force of the block to that of the actual stress-strain diagram, characeristic coefficients of each aproach were determined and adjusted. The procedure was done on high and ultra-high strength concrete (fc’ in the range of 15 to 120 MPa. The value of β1 ¬–coefficient for modified rectangular block approach was found to be in the range of 0.68 to 0.98, where 0.68 is β1 for 120 MPa and 0.98 for 15 MPa. These values are safe as it complies with the value required for it by SNI 03-2847-2002 namely that β1 ¬¬must be greater than 0.65. For the trapezoidal block approach there are two coefficients. They are α, coefficient for the area adjustment and γ, coefficient for the adjustment of center of mass. The research yielded that α is in the range of 0.16 to 0.63 and γ is in the range of 0.0061 to 0.0222. Design procedure was then prepared using each of the approach based on their respective characteristic coefficients.
ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BIAYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA KUPANG Bolla, Margareth E.; Blegur, Jean T. R. N.; Ramang, Ruslan
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.173 KB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan indikator utama tingkat keselamatan jalan raya. Kota Kupang sebagai ibukota Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah penyumbang angka kecelakaan terbesar di NTT. Penelitian ini disusun untuk mengetahui karakteristik kecelakaan lalu lintas, besar biaya kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan di Kota Kupang, serta besar santunan yang harus dibayarkan oleh PT Jasa Raharja. Data yang digunakan adalah data jumlah kecelakaan lalu lintas Kota Kupang sepanjang tahun 2010-2013. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa karakteristik kecelakaan lalu lintas yang dominan terjadi adalah pada hari Minggu (22%), pukul 12.01–18.00 WITA (38%), posisi tabrakan depan - depan (30%), tipe tabrakan ganda (82%), jenis kelamin laki-laki (77%), usia 17 tahun - 30 tahun (64%), profesi Swasta (48%), pendidikan terakhir SMA (48%), dan tidak memiliki SIM (76%). Analisis biaya korban kecelakaan lalu lintas (BBKO) dengan metode The Gross Output menunjukkan bahwa ruas jalan Timor Raya dengan panjang 11 kilometer merupakan ruas jalan dengan BBKO terbesar yaitu Rp.13.196.013.148,-, dimana biaya kecelakaan per kilometernya yang paling tinggi adalah pada tahun 2013 yaitu sebesar Rp. 514,013,928/ km. Jumlah total santunan (maksimal) Jasa Raharja yang harus dibayarkan kepada korban kecelakaan lalu lintas di kota Kupang periode tahun 2011–2013 ialah sebesar Rp.4.905.000.000.-. Traffic accident is a major indicator of road safety level. Kupang city as the capital of East Nusa Tenggara (NTT) is one of the largest contributors to the number of traffic accidents in the province. This research was to determine the characteristics of traffic accidents, the accident cost, and the compensation to be paid by PT Jasa Raharja (the state insurance company). The data of traffic accidents were taken throughout year 2010 to 2013. The descriptive analysis results showed that the dominant traffic accidents occurred on Sunday (22 %) , at 12:01 to 18:00 pm (38 %), head-on collisions (30 %), two-vehicle collisions (82 %), involve male (77 %), 17 - 30 years old (64 %), work at private sector (48 %), senior high school graduate (48 %), and does not have a driver's license (76 %). The accident cost analysis used The Gross Output method showed that Timor Raya road, with a length of 11 kilometers, has the highest traffic accident cost that is Rp.13.196.013.148, where the highest accident cost per kilometer was in year 2013 that is Rp.514,013,928/km. The total amount of (maximum) compensation should be paid by PT Jasa Raharja, to the traffic accident victims in Kupang city at year 2011 to 2013, is Rp.4.905.000.000.-.
EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK TERMINAL OEBOBO - TERMINAL KUPANG PP DAN TERMINAL KUPANG - TERMINAL NOELBAKI PP Safe, Yohanes T.; Udiana, I Made; Bella, Rosmiyati A.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.743 KB)

Abstract

Beberapa ruas jalan pada Trayek Terminal Oebobo-Terminal Kupang PP dan trayek Terminal Kupang-Terminal Noelbaki PP, pada jam-jam puncak angkutan umum yang ada cenderung digunakan melebihi kapasitas maksimumnya. Keadaan sebaliknya terjadi pada jam non-puncak, kendaraan umum setengah kosong dan harus melakukan kompetisi dengan angkutan umum lainnya untuk mendapatkan penumpang. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui kinerja pelayanan angkutan umum, kebutuhan angkutan umum dan membuat rekomendasi terkait dengan hasil evaluasi kinerja pelayanan pada kedua trayek ini. Dalam penelitian ini indikator kinerja angkutan umum yang dinilai adalah faktor muat, waktu perjalanan, frekuensi pelayanan, waktu antara, waktu tunggu, jumlah kendaraan yang beroperasi, dan waktu pelayanan. Indikator-indikator tersebut diperoleh dari hasil survey dinamis dan survey statis. Dari hasil evaluasi standar pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat, kinerja pelayanan angkutan umum pada trayek Terminal Oebobo-Terminal Kupang PP dan Terminal Kupang-Terminal Noelbaki PP termasuk kategori baik. Kebutuhan jumlah angkutan umum pada trayek Terminal Oebobo-Terminal Kupang PP adalah 22 unit, sedangkan untuk trayek Terminal Kupang-Terminal Noelbaki PP sebanyak 40 unit. Berdasarkan hasil evaluasi diberikan rekomendasi diantaranya: jumlah angkutan umum yang sudah ada dipertahankan saja atau dikurangi hingga mendekati nilai rata-rata jumlah kendaraan beroperasi setiap hari serta perlunya pembinaan pada pengemudi tentang kesadaran berlalu lintas yang baik di jalan raya. Sometimes in Oebobo Station-Kupang Station route and Kupang Station-Noelbaki Station route, over capacity for public transportation happened in the peak time especially in several roads. While, in peak off time, most of public transportation have no passanger, so they had to compotate with the other transportation the get the passanger. Service operational planning of public transportation should be evaluate as soon as possible to know how about the performance of public transportation services. The goal of this research are to know about public transportation services performance, fleet necessity of public transportation and make recommendations relating to the results of the performance evaluation of services on this route both. The indicators of this research are public transportation performance, load factor, time journey, frequency, time line, passenger time waiting, the quantity of vehicle operated, and time services. All of these indicators get from dinamyc and statistic survey. From the results of the public transport service standards evaluation by the Directorate General of Land Transportation, the performance of public transport services on the Oebobo Station-Kupang Station Route and Kupang Station-Noelbaki Station Route including good categories. The needs of public transport fleet on the Oebobo Station-Kupang Station Route is 22 units, whereas for Kupang Station-Noelbaki Station Route 40 units. Based on the results of the evaluation given recommendations are: for while the number of existing public transport or retained only if necessary, be reduced to close to the average value of the number vehicles in operation each day as well as the need for guidance drivers about traffic awareness good on the highway.
PERENCANAAN TEKNIS JARINGAN PERPIPAAN AIR BERSIH DENGAN SISTEM PENGALIRAN POMPA DI DESA SUSULAKU A KECAMATAN INSANA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA Tuames, Gaspar Y. K.; Bunganaen, Wilhelmus; Utomo, Sudiyo
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1669.925 KB)

Abstract

Desa Susulaku A memiliki sumber air yang cukup memadai tetapi yang menjadi kendala adalah sumber mata air berada di bawah pemukiman warga sehingga diperlukan pompa untuk menaikan air ke pemukiman warga.Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jaringan perpipaan air bersih dengan sistem pengaliran pompa di Desa Susulaku A.Metode yang digunakan dalam perhitungan proyeksi jumlah penduduk menggunakan Metode Aritmatik, menghitung pertambahan jumlah fasilitas, serta perhitungan proyeksi kebutuhan air. Selanjutnya melakukan analisis hidrolis pada pompa dan jaringan pipa serta hal yang diperhatikan dalam sistem operasional dan pemeliharaan. Hasil proyeksi jumlah penduduk Dusun II Desa Susulaku A tahun 2023 adalah 631 jiwa. Besar kebutuhan air pada tahun rencana adalah 0,47 ltr/dtk. Debit Mata Air Oetak adalah 1,727 ltr/dtk. Jenis pipa yang digunakan adalah jenis pipa GIP,berdiameter pipa 2 inchi dan 2,5 inchi. Volume bak penampung mata air (BPMA) 14 m3, volume bak penampung (BP) 12 m3 dan volume hidran umum (HU) 10 m3. Spesifikasi pompa 65 x 50X2 - 5 15 dengan waktu beroperasi pagi hari 1 jam dan sore hari 1 jam. Teknis operasional menyangkut hal-hal teknik yakni rincian kebutuhan operasional dan pemeliharaan, pelaku dan keterampilan yang dibutuhkan. Organisasi pengelola terdiri dari struktur organisasi dan tata peran serta perkiraan biaya operasional dan pemeliharaan perbulan adalah Rp 2.347.300, sehingga tarif yang dikenakan adalah Rp 25.000/KK/bulan. The Susulaku A Village have adequate water source but the are some consentrain that is the water source is located under the citizen housing so to bossting up the water to citizen housing, the pump watering system is needed. The purpose of this research is to design the clean water pipeline network with pump watering system at Susulaku A village. The used method to calculating the projected of population amount is aritmatic method, calculating the increase amount of facility and also calculating the projected of the water requirement.. The next step is doing the Hydraulic Analyze of pump and pipeline network by considered the operation and maintenance system. The result of projected population amount in Area II of Susulaku A village in 2023 is 631. The number of water requirement based on the year plan is 0,47 liter/sec. Oetak spring debit is 1,727 liter/sec. The type of pipe in this research is GIP pipe with diameter 2,00 inch and diameter 2,50 inch. The spring basin volume (BPMA) is 14 m³, Basin volume (BP) is 12 m³, and volume public hydrants (HU) is 10 m³. The pump specification is 65 x 50X2 – 5 15 with operation time 1 hour in the morning and 1 hour in the afternoon. Operational technic are concern maintenance and operational requirement details, treatment and competent worker is also needed. The management organization consists of structural organization and the role arrangement and also projected of operational and maintenance finance is Rp.2.347.300, so the contribution charged is Rp.25.000/household/month.

Page 1 of 1 | Total Record : 9